Tragedi Tenggelam KM.Sinar Bangun di Danau Toba “PROJO Simalungun turut membantu Pencarian Korban”

Tragedi Tenggelam KM.Sinar Bangun di Danau Toba “PROJO Simalungun turut membantu Pencarian Korban” Jerit, tangis, pilu dan suara ...



Tragedi Tenggelam KM.Sinar Bangun di Danau Toba
“PROJO Simalungun turut membantu Pencarian Korban”
Jerit, tangis, pilu dan suara tolong... tolong....tolong...., itulah yang tergiang-ngiang di telinga kami dari Team Projo Simalungun, saat melihat korban di video steaming detik detik kapal motor tenggelam setelah mendapat berita tenggelamnya KM Sinar Bangun yg membawa 200 an lebih penumpang dan 50 an lebih sepeda motor (18/6/2018).
Pada tanggal 18 Juni 2018 sekitar 18.30 Wib Team Projo Simalungun mendapat berita KM Sinar Bangun tengelam di peraian danau toba, sekitar 1 mil dari pelabuhan si Manindo Samosir menuju  pelabuhan Tigaras Kabupaten Simalungun, yang seyogyanya pelayaran itu hanya memakan waktu sekitar 45 menit. 
Jaya Damanik ketua DPC PROJO Kabupaten Simalungun langsung berkoordinasi dengan Ketua Projo Kecamatan Haranggaol Horison saudara Elwin C Siallagan untuk mengerakkan Team ikut berpartisipasi dalam penyelamatan korban jiwa itu.  Setelah berkordinasi dengan Tim Basarnas , esok harinya Team Projo PAC Kecamatan Haranggaol Horison yang di komandoi langsung oleh Ketua PAC Projo Haranggaol Horison Elwin C Siallagan langsung mempersipkan Team dan turun kelapangan ikut berkontribusi dalam tugas kemanusiaan tersebut. 
Hasil pengamatan Tim Projo dilapangan bahwa kelebiahan muatan, kelebihan penumpang, sangat minimnya alat alat keselamatan yang ada  di dalam kapal tersebut, buruknya cuaca dan ombak besar menyebabkan kapal oleng dan mulai tenggelam, para penumpang melompat ke danau tanpa alat safety.
Sambil terus menyisir danau mencari korban jiwa, Team Projo yang tetap berkordinasi dengan Basarnas tidak kenal lelah mencoba berbuat untuk membantu jeritan para keluarga korban yang berjubel di posko pencarian korban hilang di Tigaras. Sampai berita ini di turunkan akibat tidak adanya manifest penumpang sehingga kesulitan mencari tau jumlah pasti berapa korban jiwa yang hilang. Info dari Tim Projo dari Posko bantuan ditemukan data sementara bahwa Korban selamat sebanyak 18 orang, Korban meninggal 3 orang yang sudah ditemukan, dan sekitar 160 orang lagi belum ditemukan.  Dalam dua hari pencarian masih juga belum menemukan kapal tenggelam tersebut yang diperkirakan banyak penumpang yang terjebak didalam Kapal karena sulitnya akses keluar kapal akibat penuhnya sepeda motor di sisi kiri dan kanan kapal  tersebut. Hari ini 20 Juni 2018 ditemukan 3 orang penumpang perempuan meningal dunia dan satu diantaranya ikut dibantu pencarian oleh Tim Projo Simalungun.
Ketua Projo Simalungun, Jaya Damanik berharap kedepan, agar pejabat pemerintah daerah Kabupaten dan Propinsi cq. Dinas Perhubungan, dprd I/II, Badan Otorita Danau Toba, dan Kementerian Perhubungan agar benar benar berkordinasi dan mengawasi pelayanan transportasi publik Motor di Danau Toba, bila penting membekukan ijin dari pengusah tersebut. Kita cukup belajar dari pengalaman selama ini atas beberapa kali kejadian memakan korban akibat monitoring yang lemah, armada tidak layak, kelebihan muatan, peralatan safety yang tidak memadai, ketidak disiplinan para penyedia jasa  dan Team Rescue yang lambat memberi pertolongan dan Polisi perairan belum ada di Danau Toba, kita berharap cukuplah kejadian ini yang terakhir memakan banyak korban jiwa.
Kami selaku kader Projo di Kabupaten Simalungun, mengharapkan Pak Presiden Jokowi melalui jajarannya untuk memberikan usaha terbaik untuk evakuasi korban, dan lebih giat dan serius untuk memperbaiki kebijakan tentang keselamatan dan pelayanan transportasi publik  di Danau Toba yang merupakan salah satu prioritas destinasi wisata di Indonesia ini. Peningkatan Pelayanan transportasi publik  hingga kelas Internasional menjadi kebutuhan di Danau Toba yang sangat indah ini, jika Indonesia ingin menjadikan Danau Toba sebagai Monaco Asia. Terimakasih kepada Bapak Budi Arie Setiadi Ketua Umum Projo yang memberi perhatian dan support, serta terimakasih kepada Team Projo Kecamatan Haranggaol Horison atas kerja keras dan ketulusannya dalam membantu berkontribusi dalam pekerjaan kemanusiaan ini, demikian Jaya Damanik putra daerah sekitar Danau Toba ini mengahiri pembicaraannya dengan media (20/6/2018).

Related

PROJO SIMALUNGUN 8342688486120429767

Posting Komentar

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

item